Konsep Sehat dalam Islam

By on 1-29-2019 in INSPIRASI HARIAN ZAIDUL AKBAR

Konsep Sehat dalam Islam

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah dan semoga shalawat dan salam tercurah kepada Rasulullah sallallahu alaihi wasallam.

Setiap kali saya membaca buku buku kesehatan yang ditulis oleh non muslim, saya semakin menyakini dan menyadari bahwa Islam yang disampaikan melalui lisan Rasulullah memanglah menjadi jalan hidup dunia akhirat yang teramat sempurna dan Rasulullah langsung yang menjadi contoh bagi umat beliau.

Belakangan ini saya membaca sebuah buku yang ditulis DR kazuo murakami tentang “On Off” nya gen dalam tubuh manusia yang ternyata menurut nya kekuatan untuk meng ON OFF kan tadi terletak pada kekuatan Hati seseorang, Kelembutan, kasih sayang, akhlak yang baik dalam diri seseorang akan  membuat gen tersebut bisa di kendalikan.

Jadi menurutnya, penyakit dalam diri seseorang akan bisa hilang jika hatiya dpenuhi dengan perasaan perasaan positif yang sebenarnya kekuatan dalam diri seseorang itulah yang akan membuat tubuh meningkatkan kekuatan self healingnya.

Nah, hal hal seperti ini ya sudah dijelaskan oleh rasulullah 1400 tahun yang lalu yang disebutkan bahwa sehat atau sakitnya tubuh manusia bermula dari sebuah gumpalan daging dalam tubuhnnya yang bernama Qolbu, qolbu adalah barometer semuanya, qolbu adalah indikator sehat fisik , sehat sosial, sehat emosi dari diri seseorang.

dan jika ditelusuri lebih lanjut maka qolbu adalah cerminan keimanan seseorang , ketika qolbu menjadi filter dalam berkata, bersikap yang semuanya dilandaskan pada keimanan maka kehidupan akan menjadi sangat indah, karena melihat sesuatu berdasarkan qolbu.

sebagaimana kisah Hasan Al basri yang melihat seorang anak kecil yang merengek minta mainan kepada ibunya, lalu sang ulama tersebut ikut menangis.

murid muridnya kemudian bertanya kepada beliau, mengapa beliau menangis .

lalu ia menjawab, ketahuilah jika kalian meminta kepada Allah sebagaimana anak kecil itu meminta kepada ibunya maka niscaya Allah pasti mengabulkan hajat kalian.

maka dalam kesehatan hal ini juga berlaku, qolbu menjadi indikator seorang mukmin apakah ketika ia makan, yang dimakan itu halal atau tidak, thayyib atau tidak, berlebihan atau tidak, insting seperti ini hanya akan diberikan ALLAH  kepada hambaNya yang senantiasa menjaga Qolbunya.

jadi dari kesimpulan sederhana ini kita bisa fahami bahwa banyak masalah penyakit terjadi dan mungkin bisa terjadi karena masalah di qolbu, yang hanya si sakit dan Allah saja yang tahu seperti apa, bahkan mungkin bisa jadi yang sakit pun tak tahu ia ada masalah di qolbu.

Jika qolbu baik maka baiklah semua, jika qolbu bermasalah, maka masalahlah semua.

wallahu a’lam bisshowab

#JurusSehatRasulullah

#Zaidulakbar

@zaidulakbar

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *